Halaman

Sabtu, 13 Juni 2009

Proposal KKL !

A. PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Sejak dahulu pembangunan di bidang pendidikan merupakan upaya pembangunan manusia yang merupakan sebuah tantangan yang cukup besar. Hal ini disebabkan karena sarana dan prasarana dari pembangunan tertuju pada aspek manusiawi. Hal ini disebutkan dalam Undang-Undang No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional yang bertujuan mencerdaskan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani dan berkepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Berbarengan dengan hal tersebut, kemampuan sistem pendidikan saat ini terus diperbincangkan kapasitasnya sebagai suatu lembaga pendidikan. Dimana lembaga pendidikan saat ini dituntut untuk mampu melihat fenomena alam yang kemudian diaplikasikan dalam bentuk tulisan mengenai gejala-gejala alam yang terjadi di Indonesia utamanya di Sulawesi Selatan.

Pengenalan objek sebagai ruang lingkup kajian geografi sangat dituntut jauh kedepan karena sangat bermanfaat untuk kepentingan warga geografi dalam pengembangan wawasan berpikirnya sebagai tenaga ahli dalam melihat fenomena-fenomena alam dan proses terjadinya. Seorang geografer diutamakan mampu mengetahui lingkup kajian tidak sebatas dongeng, dalam arti hanya mampu menceritakan segala sesuatu yang terjadi di permukaan bumi tetapi juga sangat dituntut untuk mengetahui secara langsung proses terjadinya dengan langsung terjun ke lapangan.

Berdasarkan hal tersebut maka sesuai dengan tujuan pendidikan sebagai alat mencerdaskan bangsa, maka dalam kurikulum menganjurkan mahasiswa semester 4, mengikuti mata kuliah Kuliah Kerja Lapang I (KKL I). Yang kemudian dibarengi dengan praktikum lapang agar mahasiswa mampu mengetahui objek-objek goegrafi.

2. Dasar Pelaksanaan Praktek

Pelaksanaan praktikum lapang mata kuliah Kuliah Kerja Lapng I (KKL I) didasarkan atas kurikulum 1994 dengan bobot SKS masing-masing 2 yang waktu dialokasikannya pada semester genap (4), yang masing-masing terdiri dari 2 jam pertemuan tiap minggunya yang dilaksanakan didalam kelas. Bobot ini kemudian ditambah 48 jam kerja di lapangan.

B. TUJUAN INTRUKSIONAL UMUM

Adapun tujuan intruksional umum dari praktikum lapang ini yaitu:

1. Melatih mahasiswa mengelolah dan menginterpretasikan data yang telah dikumpulkan melalui observasi, pengukuran dan cara pengumpulan lainnya untuk menyusun suatu karya ilmiah mengenai peristiwa geologi dan geomorfologi serta sosial dan ekonomi.

2. Berlatih menjadikan lapangan sebagai suatu media belajar.

3. Melatih mahasiswa mengobservasi, mengukur dan mengumpulkan data-data tentang suatu peristiwa geologi, geomorfologi sosial dan ekonomi pada suatu lokasi tertentu.

4. Membentuk sikap dan perilaku cinta lingkungan pada mahasiswa.

C. TUJUAN INTRUKSIONAL KHUSUS

Adapun tujuan intruksional khusus dari praktikum lapang yang berlokasi di soroako ini adalah:

a. Agar mahasiswa melihat secara langsung proses penambangan nikel oleh PT. INCO di Soroako.

b. Agar mahasiswa dapat mengamati secara langsung proses pengolahan bahan baku, munjadi bahan yang setengah jadi di PT INCO.

c. Agar mahasiswa melihat secara langsung proses konservasi lahan yang sudah di tambang oleh PT INCO.

d. Agar mahasiswa dapat secara langsung melihat proses pengolahan limbah baik cair, gas, maupun padat di PT INCO

D. LOKASI PRAKTIKUM LAPANG

Lokasi praktikum lapang mata kuliah Kuliah Kerja Lapang I (KKL I) yaitu dilaksanakan di PT International Nickel Corporation (INCO) Soroako Kabupaten luwu Timur, Sulawesi Selatan.

E. WAKTU PELAKSANAAN PRAKTIKUM LAPANG

Pelaksanaan praktikum lapang ini dilaksanakan pada hari jum’at sampai hari minggu pada tanggal 5 – 7 Juni 2009.

F. ALAT DAN BAHAN

1. Alat

· Peta Rupa Bumi Indonesia Skala 1: 50.000 Kabupaten Luwu Timur (Soroako)

· Peta Kemiringan Lereng,

· Peta Geologi

· Peta Jenis Tanah

· peta Penggunaan Lahan

· Kompas Biasa

· Kompas Geologi,

· Abney Level,

· Klinometer

· GPS,

· Rool Meter,

· Papan pengalas

· Alat tulis – menulis (Pulpen/pensil).

· Handy Cam

· Kamera digital

· Megaphone

· Spidol

· Handy Tolky

2. Bahan

· Kertas HVS

· Kertas kwarto

· Baterai

H. Peserta

Adapun peserta dalam kegiatan kuliah kerja lapangan ini diikuti oleh 24 orang mahasiswa, 9 orang dosen, dan 2 orang asisten masing – masing namanya terlampir.

H. Rincian Dana

a. Dana akomodasi

No

Peserta

Biaya (Rp)

Jumlah (Rp)

1.

dosen

9@100.000

900.000

2.

asisten

2 @75.000

150.000

3

mahasiswa

24@75.000

1.800.000

Jumlah

2.850.000

b. Dana transportasi

No

Peserta

Biaya (Rp)

Jumlah (Rp)

1.

Dosen, asisten, Mahasiswa

35@200.000

7.000.000

jumlah

7.000.000

c. Dana konsumsi

No

Peserta

Biaya (Rp)

Jumlah

1

orang dosen

9x7@ 30.000

1.890.000

2

orang asisten

2x7@ 30.000

420.000

3

orang mahasiswa

24x7@ 25.000

4.200.000

Jumlah

6.510.000

d. Honor.

No

Peserta

Biaya

Jumlah

1

9 orang dosen

9@ 150.000

1.350.000

2

...orang asisten

2@ 100.000

200.000

Jumlah

1.550.000

e. Dana survei.

No

Peserta

Biaya

Jumlah

1

3 orang

3@500.000

1.500.000

jumlah

1.500.000

c. Jumlah total

dana akomodasi Rp 2.850.000

dana transportasi Rp 7.000.000

dana konsumsi Rp 6.510.000

honor Rp 1.550.000

dana survei Rp 1.500.000 +

jumlah total Rp. 19.410.000

Makassar 13 april 2009

Dosen

Penanggung jawab mata kuliah Ketua panitia

KKL I

Rosmini Maru, S.Pd., M.Si. Rusdi

NIP. 132 258 675

Ketua Jurusan Geografi

FMIPA UNM

Dr. Ramli Umar

NIP. 131 905 212

Tidak ada komentar:

Posting Komentar